Ini, Dia 3 Desa Wisata Terpopuler Di Bantul !

  • Whatsapp
paket wisata jogja 5 hari 4 malam

Explore Jogja tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak sekali destinasi wisata Jogja yang wajib Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, hutan, gunung atau bukit, pantai air terjun, wisata dengan spot foto unik dan masih banyak lagi. Anda ingin pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya? Tenang saja, kami punya rekomendasi wisata terbaik untuk Anda.

Tidak hanya sebatas berwisata menikmati pemandangan alam saja, tapi Anda juga akan diajak untuk melakukan kegiatan alam yang seru dan menyenangkan, pastinya menciptakan kenangan yang tak terlupa. Jangan khawatir, kegiatan yang ditawarkan untuk Anda, adalah kegiatan yang cukup bermanfaat seperti kegiatan pertanian, membuat kerajinan dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

Kali ini, kami akan ajak Anda untuk mengintip beberapa wisata yang cukup populer di daerah Bantul, Jogja. Wisata yang menampilkan alam yang asri, juga edukasi yang dibalut dalam lingkungan ala pedesaan. Di mana lagi kalau bukan desa wisata? Terdapat lebih dari puluhan desa wisata (Dewi) di Jogja dan beberapa di antaranya ada di Bantul.

Berikut ini tiga desa wisata terpopuler di Bantul, yang patut Anda kunjungi saat liburan.

Desa Wisata Terpopuler

  1. Desa Wisata Tembi

Siapa yang tak kenal Desa Wisata Tembi di Bantul? Dewi Tembi ini terkenal di semua kalangan wisatawan. Dewi populer ini lokasinya berad di Jalan Parangtritis km 8.5, Dusun Tembi, Kelurahan Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul. Desa wisata ini punya cerita sejarah dibaliknya. Singkatnya, nama desa wisata Tembi ini berasal dari nama seorang dewi cantik yaitu Dewi Tembi.

Sekitar tahun 1994, seorang turis asal Australia terpesona dengan pemandangan yang disuguhkan oleh desa wisata Tembi ini. For your information, Desa Wisata Tembi ini merupakan desa wisata terbaik se Asia.

Apa saja sih, daya tarik dari dewi ini? Menyuguhkan pemandangan alam yang asri berupa hamparan area persawahan hijau, udaranya sejuk, suasananya nyaman, tenang dan damai pastinya. Konsep pedesaan yang juga memadukan beragam unsur tradisional seperti bangunan klasik, dan berbagai kegiatan kebudayaan dan kerajinan. Juga terdapat homestay yang menawarkan konsep adat Jawa. Selain itu juga ada kegiatan seru yang ditawarkan seperti outbond dan kegiatan pertanian.

2. Desa Wisata Krebet

Desa wisata Krebet ini lokasinya berada di Desa Krebet RT 04, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Bantul. Seperti desa wisata lainnya, Dewi Krebet ini juga memiliki ciri khas berupa kegiatan membatik dengan media kayu. Unik, bukan? Kita tahu bahwa biasanya kegiatan membatik itu menggunakan kain sebagai media lukisnya.

Hasil kerajinan batik desa ini berupa wayang, topeng, dan berbagai aksesoris lainnya. Menariknya, hasil kerajinan tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan, tidak hanya laku di pasar lokal melainkan hingga pasar internasional.

Membuat kerajinan batik kain atau kayu sangat membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Uniknya, di Desa Krebet ini, proses membatik kayu, menggunakan cara yang manual. Mulai dari menggambar motif batik pada kayu hingga proses pengerjaannya. Motif batik yang digambar berupa motif parang rusak, parangbarong, kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti dan lain sebagainya.

Desa Wisata Krebet menawarkan kegiatan membatik kayu ditemani oleh pembatik professional. Sehingga, Anda dapat dengan mudah belajar membatik pada kayu. Dewi Krebet ini juga menawarkan homestay yang cukup terjangkau.

3. Desa Wisata Manding

Asik liburan di desa wisata Bantul, enaknya langsung belanja oleh-oleh sebagai penutupnya. Jangan khawatir, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Desa Wisata Manding. Lokasinya berada di Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo, Manding, Sabdodadi, Bantul. Kenapa belanja di Dewi Manding?

Alasannya karena desa wisata ini menjadi tujuan wisatawan untuk berburu oleh-oleh berupa hasil kerajinan dari kulit. Hasil kerajinannya berupa dompet, tas, ikat pinggang, sandal, sepatu, jaket, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Dewi Manding ini memiliki lebih dari 40an rumah produksi dan sekitar 48 artshop. Begitu masuk ke area Desa Manding ini, Anda akan menemukan artshop, di sepanjang jalan desa ini. Dijamin, membuat laper mata. Setiap artshop menawarkan harga yang cukup bervariasi sesuai dengan bentuk dan juga besar kecilnya kerajinan kulit yang dihasilkan.

Menariknya lagi, di Desa Manding ini, Anda berkesempatan untuk membuat kerajinan kulit yang Anda inginkan. Hasil kerajinan Anda, bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Anda pun bisa custom produk kerajinan kulit yang Anda inginkan. Jangan khawatir, kualitas produk yang dihasilkan dari Desa Manding ini terjamin bagus dan terjaga.

Nah, itu dia tiga desa wisata terpopuler yang ada di Bantul. Ketiganya memiliki daya tarik yang berbeda-beda, sehingga wajib sekali untuk Anda kunjungi. Selain berwisata, Anda pun akan mendapatkan pengalaman yang menarik membuat kerajian hingga ikut berpartisipasi dalam semua kegiatan alam yang ditawarkan.

Penasaran dengan keseruan liburan di beberapa desa wisata terpopuler di Bantul? Langsung saja hubungi TuguWisata selaku biro perjalanan wisata yang menawarkan Paket Tour Jogja murah dengan berbagai pilihan paket. Di antaranya Paket Wisata Jogja 1 hari, Paket Wisata Jogja 2 hari 1 malam, Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam, Paket Wisata Jogja 4 hari 3 malam, Paket Wisata Jogja 5 hari 4 malam, dan Paket Wisata Jogja honeymoon. Masing-masing Paket Wisata Jogja tersebut masih dibagi-bagi lagi ke dalam banyak tipe yang membuat kalian akan semakin memiliki banyak kesempatan untuk memilih sendiri destiansi wisata yang kalian inginkan.

Menarik, bukan? Tak ada salahnya menggunakan paket wisata jogja untuk liburan mengunjungi destinasi wisata Jogja. Selamat liburan…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *